Turbin gas adalah sebuah mesin
panas pembkaran dalam. Proses kerjanya seperti motor bakar, yaitu udara
atmosfer dihisap masuk kompresor dan dikompresi. Kemudian, udara mampat masuk
ruang bakar dan dipakai untuk proses pembakaran, sehingga diperoleh suatu
energi panas yang besar.
Persamaan turbin gas dengan motor
bakar adalah pada proses pembakarannya yang terjadi di dalam mesin itu sendiri.
Disamping itu, proses kerjanya adalah sama yaitu hisap, kompresi, pembakaran,
ekspansi dan buang. Perbedaannya adalah terletak pada konstruksinya. Motor
bakar kebanyakan bekerja gerak bolak balik (reciprocating),
Sedangkan turbin gas adalah mesin rotasi. Selain itu, Proses kerja motor bakar
bertahap (intermiten), Sedangkan turbin gas adalah kontinu dan gas buang pada
motor bakar tidak pernah di pakai untuk gaya dorong.
Gambar Proses Kerja(a) turbin
gas dan (b)motor bakar
·Turbin gas bekerja secara kontinu tidak
terhadap. Semua proses yaitu hisap, kompresi,
pembakran, dan buang adalah
berlangsung bersamaa.
·Motor bakar yang prosesnya bertahap dinamakan
langkah, yaitu langkah hisap, kompresi, pembakaran, ekkspansi, dan langkah
buang. Antara langkah satu dan lainnya saling
bergatung dan bekerja bergantian.
Pada proses ekspansi turbin gas,
terjadi perubahan energi dari energi panas menjadi energi mekanik putaran poros
turbin, sedangkan pada motor bakar pada langkah ekspansi terjadi perubahan dari
energi panas menjadi enrgi mekanik gerak bolak-balik torak. Dengan kondisi
tersebut, turbin gas bekerja lebih halus dan tidak banyak getaran.
Turbin gas banyak digunakan untuk
mesin propulsi atau jet, mesin otomotif, tenaga pembangkit listrik, atau
penggerak peralatan-peralatan industri seperti penggerak kompresor atau pompa.
Daya yang dihasilkan turbin gas mulai dari 250.000 HP untuk pembangkit listrik
5 HP pada turbocharger pada mesin
motor.
Keunggulan dari turbin gas adalah
mesinnya yang ringan dan ukuran yang kecil bisa menghasilkan daya yang besar.
Sebagai contoh pada gambar
adalah
turbin gas yang biasa dipakai untuk penggerak generator listrik kecil.
Generator ini banyak dipakai untuk mengantisipasi beban puncak jaringan
sehingga fungsinya bisa menggantikan kalau terjadi pemadaman listrik.
1.DASAR KERJA TURBIN GAS
Pada
gambar di samping adalah salah salah satu mesin turbin gas pesawat
terbang.
Cara Kerjanya adalah sebagai berikut :

Motor starter dinyalakan, kompresor Berputar dan
mulai bekerja menghisap udara sekitar, udara kemudian dimampatkan. Udara pada
tahap pertama dimampatkan dahulu pada kompresor
tekanan rendah, kemudian diteruskan kompresor tekanan tinggi. Udara
mampat selanjutnya masuk ruang bakar, bercampur dengan bahan bakar yang sudah
disemprotkan. Campuran bahan bakar udara mampat kemudian dinyalakan dan terjadi
proses pembakaran. Gas hasil proses pembakaran berekspansi pada turbin sehingga
terjadi perubahan dari energi panas menjadi energi putaran poros turbin.
Sebagian gas pembakaran menjadi gaya dorong. Setelah memberikan sisa gaya
dorongnya, gas hasil pembakaran keluar melalui saluran buang.
Dari Proses
kerja turbin gas pesawat terbang tersebut, di hasilkan daya turbin yang
digunakan untuk memgerakkan kompresor, menghasilkan daya dorong, dan
menggerakan peralatan bantu lainnya Terlihat pada gambar, turbin gas pada sayap
pesawat terbang untuk menghasilkan daya
dorong. Turbin gas harus ringan, daya besar dan tingkat keberhasilan selama
beroperasi harus 100%
![]() |
Animasi Mesin Turbojet Pesawat Terbang |
Berbeda dengan mesin
turbojet pesawat terbang, sebagian kecil energi panas udara hasil pembakaran
digunakan untuk memutar turbin, yang selanjutnya energi putaran tersebut
digunakan untuk memutar kompresor. Sebagian besar energi panas pada udara hasil
pembakaran mesin jet digunakan untuk mendorong pesawat, dimana pada sisi
keluaran turbin berbentuk nozzle. Nozzle ini berfungsi untuk meningkatkan
kecepatan dorong gas buang, sehingga mendapatkan gaya dorong yang lebih besar
bagi pesawat.
![]() |
Mesin Turbojet Pesawat Terbang |
Turbin gas
yang dipakai industri dapat dapat dilihat gambar. Cara kerjnya sama dengan
turbin gas pesawat terbang. Motor starter dinyalakan untuk memutar kompresor,
udara segar terhisap masuk dan dimampatkan. Kemudian, udara mampat dengan
temperatur dan tekanan yang cukup tinggi ( 200 0C, 6 bar) mengalir masuk
ruang bakar, bercammpur dengan bahan bakar.
![]() |
Turbin Gas |
Campuran
udara mampat bahan bakar kemudian dinyalakan dan terjadi proses pembakaran,
temperatur tinggi (6 bar, 750 0C) berekspansi pada
turbin sehingga terjadi perubahan energi, dari energi panas menjadi energi
putaran poros turbin. Gas Pembakaran setelah berekspansi di turbin, lalu keluar
sebagai gas bekas. Selanjutnya, turbin gas bekerja dengan putaran poros turbin,
Yaitu Sebagai sember tenaga penggerak
kompresor dan generator listrik.
2. PROSES PEMBAKARAN
Pada gambar dapat dilihat dari kontruksi komponen ruang bakar, apabila digambarkan ulang dengan proses pembakaran adalah sebagai di samping. mampat dari
kompresor masuk saluran primer, berada satu tempat dengan nosel, dan uda mampat
sekunder yang lewat selubang luar ruang bakar. Udara primer masuk ruang bakar
melewati swirler, sehinga alirannya berputar. Bahan bakar kemudian disemprotkan dari nosel ke zona primer, setelah ke duannya
bertemu , terjadi pencampuran.Aliran udara
primer yang berputar akan membantu proses pencampuran. Hal ini memyebabkan
campuran lebih homogen, pembakaran lebih campuran. Udara sekunder yang masuk
melalui lubang-lubang pada selubang luar ruang bakar akan membantu proses
pembakar pada zona sekuder. Jadi, zona sekunder akan menyempurnakan pembakaran
dari zona primer. Di samping untuk membantu proses pembakaran pada zona
sekunder, udara sekunder juga membandu pendinginan ruang bakar, ruang bakar
harus di dinginkan karena dari proses pembakaran dihasilkan temperatur yang
tinggi yang merusak material ruang bakar. Dengan cara pendinginan udara
sekunder, temperatur uang bakar menjadi terkontrol dan tidak melebihi dari
ijinkan.
![]() |
Ruang Bakar |
Ruang bakar turbin gas ditempatkan disamping rumah turbin, dengan maksud saluran udara dari kompresor dan gas pembakaran menjadi pendek sehingga kerugian aliran kecil. Saluran gas panas ditempat di dalam saluran udara kompresor sehingga tidak membutuhkan isolasi panas yang khusus. Untuk menghindari gumpalan-gumpalan gas panas karena tidak bercampur dengan udara segar, saluran gas dibuat dibelokan 90o dua kali sehingga gas panas dan udara bercampur dengan baik, sebelum masuk turbin. Pengaturan kecepatan udara dari kompresor juga penting, kecepatan udara yang rendah akan mengakibatkan api akan merambat kearah kompresor dan sebaliknya api akan ke luar dari ruang bakar yang mengakibatkan ruang bakar menjadi dingin dan api dapat mati.
Ruang bakar turbin gas
pesawat terbang konstruksinya. Ruang bakar harus menghemat ruang dan
dipasang disekeliling sumbu tengah. Ruang bakar dengan pipa api di
dalamnya masing-masing berdiri sendiri sehingga apabila salah satu ruang
bakar mati yang lainnya tidak terpengaruh. Dibagian luar ruang bakar
terdapat lubang udara primer dan sekunder, nosel bahan-bakar dan
penyalanya dan juga terdapat lubang- lubang pendingin. Disini udara
pendingin sangat penting untuk menjaga ruang bakar dari temperatur
yang terlampau tinggi sehingga gas pembakaran yang mengalir ke turbin
juga tidak terlalu tinggi.
![]() |
Mesin Turbofan |
![]() |
Mesin Turbofan |
Mesin turbofan ada tipe
mesin jet pesawat terbang yang mirip dengan mesin turbojet. Mesin ini umumnya
terdiri dari sebuah kipas internal dengan sebuah turbojet kecil yang terpasang
dibelakangnya untuk menggerakkan kipas tersebut.
Aliran udara yang masuk
melalui kipas ini melewati turbojet, dimana sebagian kecil udara itu dibakar
untuk menghidupi kipas, dan sisa udara digunakan untuk menghasilkan dorongan.
Semua mesin jet yang
digunakan untuk pesawat jet komersial masa kini adalah mesin turbofan. Mesin
ini lebih banyak digunakan karena sangat efesien dan relatif menghasilkan suara
yang lebih kecil.
![]() |
Turboprop |
![]() |
Turboprop |
Mesin Turboprop adalah
mesin pesawat terbang dengan turbin gas terhubung ke baling-baling. Turbin gas
dirancang khusus untuk keperluan ini, dengan hampir semua keluarannya digunakan
untuk memutar baling-baling. Gas keluaran turbin mengandung energi yang kecil
dibandingkan dengan turbojet dan berperan kecil dalam mendorong pesawat.
Sekian yang saya bisa kerjakan, Semoga berguna
#hanyatugas
http://franzdeassiz.blogspot.co.id/
Daryanto.2011.Teknik Konversi Energi.PT. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera
Tidak ada komentar:
Posting Komentar